Jktmike

VETIVER: “PAKU TANAH” ATAU PEMBASMI RAYAP?

Sumber:http://jktmike.livejournal.com/   

Tumbuhan rumput vetiver yang ajaib ini memiliki sederet kegunaan: dari mulai sebagai tumbuhan pengusir serangga (termasuk rayap yang suka menggerogoti sesuatu bahkan metal untuk membuka jalan baginya) hingga obat untuk diabetes, dari pencegah erosi tanah hingga parfum.

Mr. Smyle dari Texas, tulis The Wall Street Journal, siap membuktikan sendiri nilai positif tumbuhan vetiver yang dapat digunakan sebagai ramuan untuk mengatasi rasa pusing setelah mabuk.

Dan di kota Garut, Jawa Barat pengrajin tangan memanfaatkan tumbuhan vetiver untuk membuat taplak meja, tas, kap lampu bahkan boneka.

Rumput yang berumur panjang ini yang saat ini telah menyebar di lebih dari seratus negara di dunia Vetiveria zizanioides (kata pertama Vetiveria diambil dari bahasa Tamil) yang belum lama ini di-reklasifikasi menjadi Chryopogon zizanioides, tumbuh di pasir dan tanah lempung, di padang pasir maupun di rawa-rawa. Manuskrip Tamil kuno mendokumentasikan mengenai pemanfaatan tumbuhan vetiver ini untuk tujuan medis…

Vetiver lebih tinggi dari ukuran rumput biasa – menjulang hingga satu setengah meter, tapi yang paling menarik dari tumbuhan ini adalah akarnya. Pertama, berbeda dari kebanyakan tumbuhan rumput lainnya, tumbuhan ini tidak membentuk lempeng tanah yang seperti permadani, tapi justru menghujam ke bawah dengan kedalaman dua atau bahkan empat meter (dari hal itulah vertiver juga mendapat julukan sebagai “paku tanah”).

Dan yang kedua, akar-akarnya mengeluarkan aroma yang dari sejak lama digunakan untuk mengusir serangga (vertiver mengandung bahan senyawa kimia yang sangat mematikan bagi serangga-serangga itu (senyawa ini juga memberikan bau khas grapefruit), begitu juga dalam hal pemanfaatannya untuk membuat parfum dan aromaterapi (di dunia saat ini setiap tahun dihasilkan sekitar 250 ton minyak vetiver, yang tergolong kategori ether dan yang memiliki sifat ideal untuk parfum: berupa larutan ringan dalam alkohol dan memiliki kemampuan untuk bercampur secara mudah dengan minyak lainnya, dan oleh karena itu digunakan dalam berbagai takaran oleh 90% parfum yang diproduksi oleh barat!

Dari segi aromaterapi vetiver juga banyak manfaatnya, minyaknya juga digunakan untuk mengobati gigitan serangga dan menghentikan mimisan.

Dulu dari kota Garut hanya diekspor akar vetiver ke Bali…

 

 … sampai ketika Ibu Joanna dan suaminya, penduduk setempat, malai memproduksi sendiri barang-barang kerajinan dari akar vetiver seperti yang nampak dibawah ini:

 

 

Terjemahan oleh Elzaki Hidayatullah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s